Kamis, 12 Januari 2012

Berapa Cepat Jaringan Wi-Fi?

Berapa Cepat Jaringan Wi-Fi?
Mungkin inilah yang sering dipertanyakan oleh seseorang yang akan belajar tentang jaringan, terutama pada jaringan wireless, termasuk saya juga yang sering menanyakan pertanyaan tersebut. Pertama, jaringan area lokal wireless (WLAN) memiliki fitur yang berbeda tingkat dalam kinerja tergantung pada standar Wi-Fi yang mereka dukung. WLAN 802.11b menawarkan bandwidth teoritis maksimum 11 Mbps. WLAN 802.11a dan 802.11g  menawarkan bandwidth teoritis hingga 54 Mbps. (Sebaliknya, Ethernets kabel biasa dijalankan pada 100 Mbps.).

Kinerja jaringan Wi-Fi dalam prakteknya tidak pernah mendekati maksimum teoritis. Jaringan 802.11b, misalnya, umumnya beroperasi tidak lebih cepat dari sekitar 50% dari puncak teoritis, atau 5,5 Mbps. Demikian juga, jaringan 802.11a dan 802.11g umumnya berjalan tidak lebih cepat dari 20 Mbps. Kesenjangan dalam kinerja secara teoritis dan praktis berasal dari overhead protokol, gangguan sinyal, dan termasuk jarak juga yang mempengaruhi. Selain itu, semakin banyak user yang berkomunikasi pada WLAN secara bersamaan, semakin lambat juga jaringannya.

Pada jaringan rumah, perlu diingat bahwa kinerja koneksi internet sering menjadi faktor pembatas dalam kecepatan jaringan. Meskipun file dapat dibagi pada wireless dengan kecepatan dari 5 atau 20 Mbps, klien wireless ini masih akan terhubung ke Internet pada kecepatan yang biasanya ditawarkan oleh Internet Service Provider (ISP), biasanya kurang dari 1 Mbps.

Akhirnya,vendor industri wireless terus ditingkatkan seperti mengembangkan teknologi WiMAX 802,16 yang menawarkan komunikasi wireless dengan kecepatan lebih cepat dan jangkauan lebih panjang.