Senin, 02 Januari 2012

Kinerja Jaringan TCP / IP - Benchmark dan Tools

Utilitas perangkat lunak yang mengukur kinerja TCP / IP pada tingkat aplikasi atau protokol dapat membantu dalam benchmarking, tips dan tuning koneksi jaringan baik lokal dan Internet. Kelima program tersebut adalah salah satu alat tolok ukur yang paling populer dan terbukti dalam melakukan pekerjaan, kelima program tersebut yaitu:

Netperf
Seorang insinyur di Hewlett-Packard mengembangkan Netperf untuk membantu komunitas jaringan Unix sebagai pembandingan beberapa tahun yang lalu, dan ini merupakan perangkat sebagai acuan tetap yang populer di lingkungan Unix / Linux saat ini.

NetSpec
NetSpec berusaha untuk menerapkan skenario yang lebih realistis berupa pengujian kinerja jaringan dari utilitas standar oleh acocunting untuk arus lalu lintas variabel. NetSpec adalah sebuah proyek penelitian akademik yang meliputi sumber kode.

Nettest

Nettest adalah latency sederhana dan tolok ukur dari kinerja bendwidth untuk point-to-point koneksi TCP pada Solaris dan Linux.

ttcp

Test TCP (ttcp) merupakan pembanding Alat untuk mengukur kinerja jaringan di tingkat TCP dan UDP. Awalnya dikembangkan untuk Unix, ttcp juga telah digunakan pada porting ke Windows dan sistem operasi lain.

DBS - Sistem Terdistribusi benchmarkSistem Terdistribusi benchmark (DBS) adalah patokan kinerja alat untuk TCP / IP jaringan yang mencoba untuk memperluas kemampuan alat-alat lain dalam kategori ini. DBS mendukung pengendalian transmisi ulang dan menghindari kemacetan evaluasi kinerja di beberapa sambungan dinamis.