Selasa, 03 Januari 2012

Cara Untuk Set Up/Setting (Pengaturan) Router Pada Jaringan Rumah

Panduan ini menjelaskan cara mengatur router untuk jaringan komputer rumah. Nama-nama yang tepat pada pengaturan konfigurasi router jaringan memang berbeda-beda tergantung pada model dan apakah itu kabel atau nirkabel. Namun, prosedur umum ini akan memandu Anda melalui proses untuk jenis rumahan pada umumnya.

Tingkat kesulitan dalam pengaturan ini tergolong rata-rata, karena tidaklah terlalu sulit seperti yang anda bayangkan, untuk waktu sendiri yang anda butuhkan hanya sekitar 1 jam saja.


Inilah Cara Bagaimana Cara Set Up Router Anda:
  1. Pilih lokasi yang nyaman untuk mulai memasang router seperti ruang terbuka di lantai atau meja. Ini semua tidak perlu dijadikan lokasi permanen, sedangkan khusus untuk router nirkabel, Anda mungkin merasa perlu untuk kembali ke posisi unit awal karena sinyal tidak dapat mencapai semua area yang dibutuhkan. Pada awalnya, yang lebih baik untuk memilih lokasi mana itu yang termudah untuk bekerja dengan router dan jangan khawatir tentang penempatan akhir nanti.
  2. Hubungkan sumber tenaga listrik router, kemudian hidupkan router dengan menekan tombol power.
  3. (Opsional) Hubungkan modem internet Anda ke router. Sebagian besar jaringan modem terhubung melalui kabel Ethernet tapi koneksi USB sekarang sudah menjadi semakin umum. Kabel dihubungkan ke jack router bernama "WAN" atau "uplink" atau "Internet." Setelah menghubungkan kabel, pastikan untuk siklus power (mematikan dan menghidupkan kembali/restart) modem untuk memastikan router mengenalinya.
  4. Menghubungkan satu komputer ke router. Bahkan jika router model nirkabel, menghubungkan komputer ini pertamanya harus ke router melalui kabel jaringan. Menggunakan kabel saat instalasi router guana memastikan keandalan maksimum dari hardware tersebut. Setelah instalasi router nirkabel selesai, komputer dapat diubah ke sambungan nirkabel jika diinginkan.
  5. Buka tools administrasi router. Dari komputer yang terhubung ke router, pertama Anda harus membuka Web browser. Lalu masukkan alamat router untuk administrasi jaringan dalam bidang alamat Web dan tekan kembali untuk mencapai halaman home router.
  6. Kebanyakan router dapat dilihat dengan baik alamat Web "http://192.168.1.1" atau "http://192.168.0.1" Konsultasikan dokumentasi router Anda untuk menentukan alamat yang tepat untuk model router Anda. Perhatikan bahwa Anda tidak perlu koneksi internet untuk langkah ini.
  7. Login ke router. Halaman home router akan meminta Anda untuk memasukkan username dan password. Keduanya disediakan dalam dokumentasi router tersebut. Anda harus mengubah password router untuk alasan keamanan, tetapi lakukan ini setelah instalasi selesai untuk menghindari komplikasi yang tidak perlu selama konfigurasi dasar.
  8. Jika Anda ingin router Anda terhubung ke Internet, Anda harus memasukkan informasi koneksi internet ke dalam bagian konfigurasi router (lokasi yang tepat bervariasi). Jika menggunakan DSL Internet, Anda mungkin perlu memasukkan username dan password PPPoE. Demikian juga, jika Anda telah mengeluarkan alamat IP statis dengan operator Anda, IP statis (termasuk network mask dan gateway) yang telah diberikan kepada Anda oleh penyedia.
  9. Jika Anda menggunakan komputer utama atau jaringan yang lebih lama untuk menghubungkan ke Internet, Provider Anda mungkin meminta Anda untuk memperbarui alamat MAC dari router dengan alamat MAC perangkat Anda yang digunakan sebelumnya.
  10. Jika ini adalah router nirkabel, mengubah nama jaringan (sering disebut SSID). Sementara router default yang belum disetting, maka nama jaringan ditetapkan pada pabrik, Anda pasti tidak akan pernah ingin menggunakan nama ini pada jaringan Anda. Dan Anda pasti ingin merubahnya bukan?
  11. Verifikasi sambungan jaringan Anda telah berkerja antara satu komputer dengan router. Untuk melakukan ini, Anda harus memastikan bahwa komputer telah menerima informasi alamat IP dari router.
  12. (Jika ada) Pastikan satu komputer Anda dapat terhubung ke Internet dengan benar. Buka Web browser Anda dan mengunjungi beberapa situs internet seperti http://mekhels.com
  13. Menghubungkan komputer tambahan untuk router yang diperlukan. Jika menghubungkan secara nirkabel, pastikan nama jaringan (SSID) dari masing-masing komputer cocok dengan router.
  14. Tahap akhir adalah konfigurasikan fitur keamanan jaringan tambahan yang Anda diinginkan untuk menjaga sistem Anda terhadap penyerang Internet dalam dunia maya.

Tips:
Saat menghubungkan perangkat dengan kabel jaringan, pastikan setiap akhir kabel terhubung erat. Kabel longgar adalah salah satu sumber yang paling umum dari masalah-masalah dalam pengaturan jaringan.

Apa yang Anda Butuhkan
  • Sebuah router jaringan (nirkabel atau kabel)
  • Jaringan adapter diinstal pada semua perangkat untuk terhubung ke router
  • Modem Internet (opsional)
  • Web browser terinstall minimal satu komputer dalam jaringan