Rabu, 28 Desember 2011

Berbagi Dekstop (Layar) Mac dalam Jaringan Anda

Berbagi layar adalah proses yang memungkinkan pengguna di komputer remote untuk melihat apa yang terjadi pada layar Mac Anda. Berbagi layar mac juga memungkinkan Anda untuk jarak jauh melihat dan mengambil kendali layar Mac lain.

Ini dapat sangat berguna untuk mendapatkan atau memberikan bantuan dengan pemecahan berbagai masalah, mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana menggunakan aplikasi, atau hanya mengakses sesuatu di Mac Anda dari komputer lain.

Mac datang dengan built-in kemampuan layar berbagi, yang dapat diakses dari panel preferensi Berbagi. Kemampuan layar berbagi Mac didasarkan pada protokol (Virtual Network Computing) VNC, yang berarti Anda tidak hanya dapat menggunakan Mac untuk melihat layar Anda, Anda juga dapat menggunakan komputer yang memiliki klien VNC diinstal.

Mengatur Layar Berbagi pada Mac Anda
Mac menawarkan dua metode pengaturan berbagi layar, pertama yaitu Screen Sharing dan lainnya disebut Remote Management. Keduanya benar-benar menggunakan sistem VNC yang sama untuk memungkinkan berbagi layar. Perbedaannya adalah bahwa metode Remote Management juga termasuk dukungan untuk aplikasi Remote Desktop Apple, sebuah aplikasi untuk-biaya yang digunakan dalam lingkungan komersial banyak untuk memungkinkan staf remote untuk memecahkan masalah dan mengkonfigurasi Mac. Pada artikel ini, kita akan berasumsi bahwa Anda akan menggunakan Berbagi Layar secara dasar, yang lebih sering digunakan untuk kebanyakan rumah dan pengguna bisnis kecil.
1. Peluncuran System Preferences baik dengan mengklik ikon System Preferences pada Dock, atau memilih System Preferences dari menu Apple.
2. Klik panel preferensi Berbagi di jendela System Preferences.
3. Beri tanda centang di samping layanan Layar Berbagi.
4. Klik tombol Setting Komputer.
5. Pada panel Settings, beri tanda centang di samping 'VNC' pemirsa dapat mengontrol layar dengan password.
6. Masukkan password yang akan digunakan ketika remote user mencoba untuk terhubung ke Mac Anda.
7. Klik tombol OK.
8. Pilih pengguna yang akan diizinkan untuk mengakses layar Mac. Anda dapat memilih 'Semua pengguna' atau 'Hanya pengguna tertentu.' Dalam kasus ini, 'pengguna' mengacu pada pengguna Mac pada jaringan lokal Anda. Tentukan pilihan Anda.
9. Jika Anda memilih 'Hanya pengguna tertentu‘ menggunakan plus (+) tombol untuk menambahkan pengguna yang tepat untuk daftar.
10. Ketika Anda selesai, Anda dapat menutup panel preferensi Berbagi.
Setelah Anda memiliki layar berbagi diaktifkan, komputer lain pada jaringan lokal Anda akan dapat mengakses desktop Mac.