Selasa, 29 November 2011

Definisi Node, Linked List, Single Linked List, Double Linked List, & Circular Linked List

a. Nodes
Self-referential objects (object yang mereferensikan dirinya sendiri) yang disebut nodes, yang dihubungkan dengan links, membentuk kata “linked” list.

b. Linked List ( LL )
Adalah koleksi data item yang tersusun dalam sebuah barisan  secara linear, dengan penyisipan dan pemindahan dapat dilakukan dalam semua tempat di LL tersebut.

c. Single Linked List
Adalah sebuah LL yang menggunakan sebuah variabel pointer saja untuk menyimpan banyak data dengan metode LL, suatu daftar isi yang saling berhubungan.
Ilustrasi single LL:

Pada gambar di atas, data terletak pada sebuah lokasi dalam sebuah memory, tempat yang disediakan memory untuk menyimpan data disebut node ? simpul, setiap node memiliki pointer ( penunjuk ) yang menunjuk ke node berikutnya sehingga terbentuk suatu untaian yang disebut single LL.
Bila dalam single LL pointer hanya dapat bergerak ke satu arah saja, maju / mundur, kanan / kiri, sehingga pencarian datanya juga hanya satu arah saja.

d. Double Linked List
Dalam double LL ( Linked List berpointer ganda ) dapat mengatasi kelemahan-kelemahan single LL tersebut.
Ilustrasi double LL:

e. Circular Linked List
Adalah double / single LL yang simpul terakhirnya menunjuk ke simpul awal, dan simpul awalnya menunjuk ke simpul akhir, atau dapat disebut LL yang dibuat seakan-akan merupakan sebuah lingkaran dengan titik awal dan titik akhir saling bersebelahan jika LL tersebut masih kosong, ilustrasi Circular LL :