Jumat, 07 Oktober 2011

Macam dan kegunaan GIS?

Peta Pencarian
Pemetaan di mana hal-hal yang memungkinkan Anda menemukan tempat-tempat yang memiliki fitur yang Anda sedang cari dan melihat pola.


Peta Kuantitas
Peta jumlah orang yang digunakan untuk menemukan tempat yang memenuhi kriteria mereka serta untuk mengambil tindakan. Sebuah perusahaan pakaian anak-anak mungkin ingin mencari Kode ZIP dengan sample keluarga yang memiliki banyak pemudap-pemudi dengan pendapatan yang relatif tinggi. Pejabat kesehatan masyarakat mungkin ingin untuk memetakan jumlah dokter per 1.000 orang di setiap saluran sensus untuk mengidentifikasi daerah mana yang dilayani secara memadai, dan yang tidak.

Peta Densitas
Sebuah peta kepadatan memungkinkan Anda mengukur sejumlah fitur menggunakan unit areal yang seragam sehingga Anda dapat dengan jelas melihat distribusi. Hal ini sangat berguna saat memetakan daerah, seperti traktat sensus atau kabupaten, yang sangat bervariasi dalam ukuran. Pada peta yang menunjukkan jumlah orang per sensus saluran, saluran yang lebih besar mungkin memiliki lebih banyak orang daripada yang lebih kecil. Tetapi beberapa traktat yang lebih kecil mungkin memiliki lebih banyak orang per mil persegi-kerapatan yang lebih tinggi.

Cari Apa Di dalamnya?
Gunakan GIS untuk memantau apa yang terjadi dan untuk mengambil tindakan tertentu dengan pemetaan apa yang di dalam area tertentu.
Sebagai contoh, seorang pengacara distrik akan memantau penangkapan narkoba untuk mencari tahu apakah penangkapan berada dalam 1.000 meter dari sekolah - jika demikian, hukuman kaku berlaku.

Cari Lokasi Terdekat
GIS dapat membantu Anda mencari tahu apa yang terjadi dalam jarak set fitur dengan memetakan apa yang di dekatnya.

Peta Ubah
Peta perubahan di suatu daerah untuk mengantisipasi kondisi masa depan, memutuskan suatu tindakan, atau untuk mengevaluasi hasil dari suatu tindakan atau kebijakan. Dengan memetakan mana dan bagaimana benda bergerak selama periode waktu, Anda bisa mendapatkan wawasan bagaimana mereka berperilaku. Sebagai contoh, seorang meteorolog mungkin studi jalan badai untuk memprediksi mana dan kapan mereka mungkin terjadi di masa depan.