Kamis, 15 September 2011

Komputasi Grid (Komputasi Mobile)

Komputasi grid secara konsep tidak seperti elektronik grid. Dalam elektronik grid, outlet dinding mempersilahkan kita untuk dapat berhubungan dengan sumber infrastruktur yang membangun, mendistribusikan, dan mengirimkan rekening listrik. Ketika kita terhubung dengan elektronik grid, kita tidak perlu mengetahui dari mana tenaga tersebut berasal atau bagaimana caranya bisa sampai kepada kita. Komputasi grid menggunakan middleware untuk mengkordinasi sumber-sumber IT yang terpisah di dalam suatu jaringan. Tujuan dari komputasi grid hampir sama dengan elektronik grid, di mana komputasi grid menyediakan akses bagi para pengguna kepada sumber yang mereka butuhkan.

Gambaran Sistem Dan Proses Mobile agent dalam komputasi Grid

Mobile agent dan komputasi grid merupakan kombinasi yang sangat baik untuk memecahkan masalah dalam dunia komputasi, karena banyak memiliki kecocokan karakteristik antara keduanya. Kami akan menunjukkan suatu contoh implementasi konsep dari sistem mobile agent dalam komputasi grid.

Ada tiga fitur middleware yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah komputasi grid dari komputer desktop yang terdistribusi melalui internet:
1. Mencari dan menjatahkan sumber daya sistem kepada suatu pekerjaan yang mungkin berubah secara dinamis.
2. Berpindah tempat proses ke suatu mesin baru yang tersedia, khususnya ketika mesin tersebut sedang dikunjungi oleh pemilikinya atau bahkan pada saat mesin tersebut dalam keadaan OFF.
3. Support komunikasi jaringan transparan diantara beberapa proses, beberapa diantaranya dapat dijalankan di dalam mesin yang berada di belakang gateway atau firewall.

Suatu middleware yang berbasis mobile agent yang sebagian besar bermanfaat bagi para pemakai komputer desktop remote sebagai sebuah pertukaran sumber komputasi yang baku. Proyek ini mengkombinasikan peningkatan platform mobile agent dan perancangan.

Dengan mobile agent, banyak kecerdasan yang dapat dibangun terhadap penggunaan jaringan. Banyak aplikasi saat ini dapat dimodifikasi untuk bekerja lebih efektif dengan mobile agent.

Ketika mobile agent dan komputasi grid dikombinasikan, keuntungan kedua teknologi dapat dikombinasikan. Dengan mobile agent, banyak aplikasi yang digunakan dalam komputasi grid dapat diimplementasikan secara lebih efisien. Sebagian dari skenario yang paling bermanfaat untuk penggunaan mobile agent adalah jaringan pertukaran file di mana kita menemukan dan mengunduh file dapat dilakukan dengan mobile agent. Kegunaan yang baik lainnya dari mobile agent dalam komputasi grid adalah komputasi terdistribusi dan aplikasi secara offline. Di dalam komputasi terdistribusi agen tersebut dapat digunakan untuk mengatur komputasi dan pengiriman data dapat terhitung oleh host remote. Di dalam aplikasi offline, dengan fasilitas bantu agar mobile agent menghemat bandwidth dan penggunaan baterai.